You must have JavaScript enabled in order to use this theme. Please enable JavaScript and then reload this page in order to continue.

Sistem Informasi Desa Kuin Kecil

Kec. Aluh - Aluh, Kab. Banjar, Prov. Nusa Tenggara Barat
Info

Peduli Covid-19, Mahasiswa UMM gelar Sosialisasi dan bantu bagikan BLT di Desa Kuin Kecil


Peduli Covid-19, Mahasiswa UMM gelar Sosialisasi dan bantu bagikan BLT di Desa Kuin Kecil

Banjarkalselpos.com -Mahasiswa UMM Kelompok 43 PMM di Desa Kuin Kecil, bersama pemerintah desa setempat berupaya meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap Covid-19.

Mahasiswa UMM yang tergabung dalam kegiatan “PMM Bhaktimu Negeri” ini ingin ikut meminimalisir penyebaran Covid-19 di Kalimantan Selatan. Melakukan edukasi terstruktur dan membagikan masker kepada penduduk desa merupakan program kerja dari kelompok 43 PMM UMM.

“Kelompok 43 PMM UMM telah menjalankan aksi sosial ini sejak Rabu (1/7) di bimbing oleh Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) Ilyas Nuryasin S.Kom M.Kom juga membagikan masker dan melakukan edukasi terstruktur, dan mendirikan posko tanggap Covid-19 di Desa Kuin Kecil, Kecamatan Aluh-Aluh, Kabupaten Banjar,” ujar Koordinator Kelompok 43 PMM UMM, Maulana, kepada wartawan.

Pendirian posko tanggap Covid-19 jelasnya, bentuk nyata dari ide dan kepeduliaan kami terhadap masyarakat desa, terlebih lagi desa ini kurang mendapatkan perhatian pemerintah daerah.

“Hal ini dilakukan sesuai dengan tujuan dibentuknya tim PMM UMM Kuin Kecil yang ingin mewujudkan Desa Kuin Kecil menjadi desa responsif dan solutif terhadap Covid-19 dan siap menuju era new normal,” sebutnya.

Sebenarnya, Pemerintah Desa sudah sempat mendirikan posko Covid-19 ketika kasus Covid-19 di Kalimantan Selatan sedang melonjak tajam, tetapi berdirinya posko tersebut tidak berlangsung lama.

“Memang benar, kemarin sempat kita dirikan posko Covid-19 hanya untuk pengecekan suhu tubuh tiap orang yang ingin memasuki kawasan Desa Kuin Kecil, tetapi tidak bertahan lama, karena kami kekurangan tenaga. Untung ada adik-adik mahasiswa UMM ini yang bersedia menjadi relawan dan mendirikan kembali posko tanggap Covid-19 di Desa Kuin Kecil,” tambah Hasanuddin selaku Kepala Desa Kuin Kecil.

Dengan diterapkannya PSBB di Kalimantan Selatan, Pemerintah Kabupaten Banjar bebernya menyalurkan Bantuan Langsung Tunai Dana Desa (BLT DD). Desa Kuin Kecil termasuk ke dalam salah satu desa di Kabupaten Banjar yang menerima bantuan tersebut. Bantuan ini telah disalurkan sejak Mei 2020 dan akan disalurkan selama 3 bulan berturut-turut.
Tanggal 15 Juli 2020, Kepala Desa Kuin Kecil, membagikan kembali BLT DD tersebut kepada masyarakat.

“Covid-19 merupakan masalah kita bersama, yang mau tidak mau harus kita hadapi. Jangan lupa mematuhi protokol kesehatan setiap keluar rumah. Ikuti dan patuhi himbauan pemerintah. Dan pastikan selalu memakai masker, karena maskermu menyelamatkanku, maskerku menyelamatkanmu,” tutup Maulana.

kalselpos.com : Berita Terkini, Kabar Terbaru Hari Ini Banjarmasin Kalsel Kalimantan Nasional dan Dunia

Penulis : Ardiansyah
Editor : Aspihan Zain

Bagikan artikel ini: