You must have JavaScript enabled in order to use this theme. Please enable JavaScript and then reload this page in order to continue.

Sistem Informasi Desa Kuin Kecil

Kec. Aluh - Aluh, Kab. Banjar, Prov. Nusa Tenggara Barat
Info

” SURVEY DAN PEMETAAN “


” SURVEY DAN PEMETAAN “

” SURVEY DAN PEMETAAN “

Pepatah mengatakan “Lain padang lain pula Belalang” Desa Kuin kecil , Kecamatan Aluh-Aluh, Kabupaten Banjar , terdiri dari 5 RT dengan 769 Kepala keluarga, desa ini merupakan desa yang secara geografis berada di dekat aliran Sungai Barito sehingga sangat terpengaruh dengan pasang surutnya air laut, yang menyebebkan perubahan rasa pada air sungai.
Untuk menuju desa ini kami perlu menempuk jarak ± 44 KM atau sekitar 1 jam 30 menit dari Kota Banjarbaru, dan rute yang harus kami lewati cukup berbahaya karena kami harus ber iringan dengan Truk-truk besar bermuatkan Peti Kemas yang ingin menuju Pelabuhan Trisakti atau sebaliknya, sehingga kami harus ekstra hati hati dalam berkendara agar tidak terjadi hal-hal yang tidak kami inginkan. 
Ditambah lagi kami pun harus mengarungi aliran sungai barito menggunakan Perahu kecil bertenagakan mesin diesel atau biasa disebut  “kelotok” oleh warga lokal, selama kurang lebih 10 menit dari dermaga Mantuil.  Tim survey memerlukan waktu satu bulan untuk menyelesaikan pengumpulan data dan pendekatan kepada masyarakat tentang solusi yang kami usung.
Dan hasilnya, kami cukup diterima dengan baik didesa ini walau tidak semua langsung menerima solusi yang kami samapaikan. Air Hujan didesa ini masih menjadi pro dan kontra, dikarenakan mitos yang berkembang sejak dulu ditengah masyarakat yang menganggap air hujan itu dapat menyebabkan beberapa penyakit seperti Gigi keropos, Rematik dan lain lain. Dan itu pun menjadi salah satu tantangan tim survey untuk dapat sedikit banyak memberi penjelasan tentang manfaat air hujan dan berusaha menepis mitos mitos yang tidak benar tentang air hujan.

 

Mayoritas masyarakat didesa ini adalah petani dengan penghasilan rata rata Rp.500.000 s/d Rp.1.500.000 / Bulan. Air sungai masih menjadi pilihan utama mereka untuk memenuhi kehidupan keseharian mereka , baik itu mencuci, memasak hingga air minum masih menggunakan air sungai. Akan tetapi ada sebagian masyarakat juga yang lebih memilih membeli air PDAM untuk mencukupi keseharian mereka, dengan harga Rp.1500 / 20L. Kami berharap masyarakat Desa Kuin Kecil dapat sadar dan mengerti terhadap masalah yang sebenarnya mereka hadapi , dan sadar akan pentingnya kesehatan bagi keluarga mereka.

Bagikan artikel ini: